Wisata Kura-kura Belawa

download (7)Tempat ini bisa menjadi tujuan wisata sahabat-sahabat semua. Namanya Taman Kura-kura Belawa. Berada di Desa Belawa Kecamatan Lemahabang Kabupaten Cirebon.  Objek wisata ini memiliki magnet tersendiri untuk menarik para pengunjung. Di taman ini terdapat kura-kura yang memilki ciri khusus di punggungnya. Nama latin dari kura-kura ini adalah Aquaric Tortose Ortilia norneensis.

Nama Belawa berasala dari sebuah desa yang bernama belawa. Itu sebabnya nama kura-kura ini biasa di panggil kura-kura belawa. Belawa merupakan kolam penampungan refresentatif bagi kura-kura sebagai hewan tergolong langka, dan Kura-kura  ini hanya ada di tempat-tempat tertentu di Desa Belawa berbeda dengan jenis kura-kura lain di Indonesia.

   Keunikan yang ada pada kura-kura ini adalah bentuk kulit tempurung yang cekung dan berwarna hitam polos. Kura-kura ini biasanya hidup di air berlumpur, namun untuk perkembangbiakannya bertelur didarat.

Selain unik dan langka, kura-kura Belawa memiliki kisah legenda yaitu pada jaman dahulu, ada seorang pemuda yang bernama “Jaka Saliwah” ( Jaka berarti lelaki/pemuda, sedangkan Saliwah berarti tidak sama/tidak satu warna).

Karena wajahnya berwarna dua yaitu putih dan hitam, Jaka Saliwah merasa sedih, sehingga Jaka Saliwah berguru kepada Syekh Datuk. Semua cara sudah dilakukan namun tidak kunjung sembuh, oleh karenanya dia merasa kecewa sehingga menyobek-nyobek Al-Quran dan membuang sobekan tersebut ke mata air dan berubah menjadi hewan kura-kura.

Akhirnya, Jaka Saliwah pun tersadar dan memohon ampun kepada-Nya. Dia pun membasuh kedua mukanya di mata air tersebut dan hilanglah penyakitnya.

Dalam pemeliharaannya, kura-kura Belawa pernah secara tiba tiba mati secara bertahap sebanyak lebih dari 300 ekor. Tak hanya tukik, kura-kura dewasa bahkan kura-kura raksasa tak bisa bertahan hidup. Enam diantaranya merupakan kura-kura yang berusia 100 hingga 150 tahun.

 

Close Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.


six + = 11